Peta Minda
Beberapa software yang dapat digunakan untuk membuat peta minda adalah sebagai berikut
- XMind 8 (MacOS, Windows, IOS).
- Mindomo (MacOS, Windows, Linux, IPad, Android)
- FreeMind (MacOS, Windows, Linux)
- MindNode (MacOS, IOS)
- Bubbl.us (Web)
- WiseMapping (Web)
- IdeaFlip (Web)
- Scapple (MacOS, Windows)
- MindManager (MacOS, Windows)
- Lucidchart (Web)
II.Contoh peta minda tentang Bumi
https://drive.google.com/file/d/1gtz1fFG7ld7IX7Ooy_SRYiQxAxIGcs3L/view?usp=drivesdk
III.Peta Minda tentang kegiatan sehari hari
file:///storage/emulated/0/Download/images%20(3).jpeg
Pengertian Flowchart
Flowchart adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urutan-urutan prosedur dari suatu program. Flowchart menolong analis dan programmer untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian.
Flowchart biasanya mempermudah penyelesaian suatu masalah khususnya masalah yang perlu dipelajari dan dievaluasi lebih lanjut.
Tujuan Membuat Flowchart
Menggambarkan urutan atau tahapan dari penyelesaian masalahMenggambarkan permasalahan secara sederhana, terurai, rapi dan jelas
Cara Membuat Flowchart
Dalam pembuatan flowchart tidak ada rumus atau patokan yang bersifat mutlak. Karena flowchart merupakan gambaran hasil pemikiran dalam menganalisa suatu masalah dengan komputer. Sehingga flowchart yang dihasilkan dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya.
Namun secara garis besar, setiap pengolahan selalu terdiri dari tiga bagian utama, yaitu;
Input berupa bahan mentahProses pengolahanOutput berupa bahan jadi.
Untuk pengolahan data dengan komputer, dapat dirangkum urutan dasar untuk pemecahan suatu masalah, yaitu;
START : Berisi intruksi untuk persiapan peralatan yang di perlukan sebelum menangani pemecahan masalah
READ : Berisi instruksi untuk membaca data dari suatu peralatan input.
PROCESS : Berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang dibaca.
WRITE : Berisi instruksi untuk merekam hasil kegiatan ke perlatan output.
END : Mengakhiri kegiatan pengolahan
Bila seorang analis dan programmer akan membuat flowchart, ada beberapa petunjuk yang harus diperhatikan, seperti:
Flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri kekanan.Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi ini harus dapat di mengerti oleh pembacanyaKapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas.Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan menggunakan deskripsi kata kerjaSetiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang benar.
Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harusditelusuri dengan hati-hati. Percabangan-percabangan yang memotong aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada flowchart yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan percabangannya diletakan pada halaman yang terpisah atau hilangkan seluruhnya bila percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.
Komentar
Posting Komentar